Surabaya, CNN Indonesia

Sebanyak 81.562 pemudik berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sampai dengan kemarin, Jumat (5/4). Puluhan ribu orang ini merupakan penumpang kapal yang tiba maupun yang berangkat dari Surabaya.

“Jadi untuk arus kedatangan dan keberangkatan, sampai dengan kemarin H-5 itu sudah ada 81.562 jiwa,” kata General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang GSN Dhany Rahmat Agustian, Sabtu (6/4).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dhany mengatakan puncak arus mudik di pelabuhan sudah terjadi lebih awal pada H-7 Hari Raya Idulfitri 1445 H Rabu (3/4).

“Jadi sudah terlewati untuk puncaknya, tapi ada kemungkinan juga ada susulan arus mudik kemungkinan nanti pada H-2 nanti, itu prediksi kita,” ujarnya.

Dhany merinci dari 81 ribu lebih penumpang itu, 57.176 orang di antaranya merupakan penumpang yang tiba. Sementara penumpang yang berangkat mencapai 24.386 orang.

Penumpang yang turun di GSN, kata Dhany, didominasi pemudik dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan; Makassar, Sulawesi Selatan; dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sementara yang berangkat kebanyakan merupakan penumpang yang ingin menuju ke lokasi wisata, salah satunya Pulau Lombok. Kemudian disusul tujuan ke Makassar dan Balikpapan.

“Yang berangkat kebanyakan wisatawan ya, ke Lombok mereka. Untuk kapal yang diperbantukan oleh operator kapal swasta maupun BUMN itu ada 37 kapal semuanya,” ujarnya.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *